Wednesday, January 04, 2012

Poin 4 Dari 3 Pertandingan Terakhir

Dengan hasil kalah - menang - imbang dari tiga pertandingan terakhir, pekan-pekan pergantian tahun 2011-2012 ini tidak mampu dilewati dengan cukup manis oleh Liverpool. Pertandingan terakhir, dengan kekalahan 3-0 dari Manchester City terasa cukup menyesakkan, namun di lain pihak seperti dinyatakan oleh Kenny Dalglish, kekalahan ini bisa dan harus menjadi pelajaran yang berharga untuk Liverpool.

Dua hal yang bisa dipetik dari pertandingan terakhir melawan City:

Lini Depan

Hilangnya Suarez cukup terasa kali ini, menghadapi tim kuat seperti City, meskipun menguasai bola jauh lebih banyak (sekitar 65%), namun penyelesaian akhir kembali menjadi kendala. Di samping itu meskipun menguasai bola namun serangan Liverpool terlihat agak monoton dan kurang variasi. Kembalinya sang kapten, Steven Gerrard, tentunya diharapkan untuk sedikit banyak memecahkan masalah ini. Di lain pihak, pemain lain seperti Downing, Kuyt, dan Carrol perlu meningkatkan permainannya dan terutama mengembalikan kepercayaan dirinya untuk kembali mencetak gol.

Dalam hal ini saya menilai bahwa faktor kepercayaan diri para pemain ini, terutama ketiga pemain tersebut, sangat mutlak untuk bisa kembali. Saya melihat bahwa para pemain ini memiliki kemampuan hanya seringkali kurang beruntung ditambah mungkin sedikit banyak kehilangan kepercayaan dirinya yang membuat mereka tidak bisa mencetak banyak gol, mengingat banyaknya peluang yang sebetulnya tercipta (hingga saat ini Liverpool termasuk tim yang paling banyak melakukan shoot ke gawang, 18x tembakan ke gawang rata-rata dalam tiap pertandingan). Saya tidak melihat bahwa Liverpool perlu untuk membeli pemain baru di lini depan, kecuali bila dia adalah pemain muda yang bisa menjadi asset di masa depan. 

Lini Tengah

Tiadanya Lucas Leiva di sektor tengah kembali terekspos, kali ini oleh Manchester City. Spearing sebenarnya cukup bagus, namun masih kurang matang terutama dalam membaca arah permainan guna menjaga daerahnya. Kali ini saya benar-benar melihat bagaimana arti penting seorang Lucas Leiva di daerah ini. Berbeda dengan masalah lini depan, bila ada dana, saya menilai bahwa lebih baik Liverpool mencari gelandang bertahan dibandingkan mencari penyerang baru. Saya merasa ini lebih mendesak dan akan juga berguna untuk jangka panjang. Alternatif lain mungkin Liverpool bisa mencoba kembali untuk menggunakan dua gelandang bertahan dalam formasi semacam 4-2-3-1 atau justru meniadakan gelandang bertahan dan memainkan pola 4-4-2 direct.


No comments: